Pages

3 HAL YANG MEMBINASAKAN

بسم الله الرحمن الرحيم

Kali ini saya akan posting tentang tiga hal yang dapat membinasakan atau mencelakakan bisa juga di bilang merusak, ini berdasarkan hadis Nabi yang di riwayatkan oleh Abu Syekh dari sayyidina Anas r.a.

PERTAMA : SIFAT KIKIR YANG DITA'ATI

Kikir atau orang sunda bilang koret, medit merepet jahe merupakan sifat buruk yang wajib di jauhi, kita ingat kisah orang terdahulu yang celaka karena sifat kikir tersebut, ingat kisah Qorun dan Tsa'labah yang celaka disebabkan kekikirannya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda :

اتقواالظلم فان الظلم ظلمات يوم القيامة , واتقوا الشح فان الشح اهلك من كان قبلكم وحملهم على ان سفكوا دماءهم واستحلوا محارمهم
(رواه مسلم)

Takutlah kalian terhadap perbuatan aniaya, karena sesungguhnya perbuatan aniaya itu merupakan kegelapan hati di hari kiamat, dan takutlah terhadap kikir, karena susungguhnya kikir itu telah membinasakan orang-orang sebelum kalian, yang mendorong mereka untuk mengalirkan darah mereka sendiri dan menghalalkan kehormatan mereka.

KEDUA : HAWA NAFSU YANG DIIKUTI

Mengikuti hawa nafsu, nafsu yang buruk yang selalu mendorong manusia melakukan keburukan ini juga termasuk sifat yang dapat merusak. Allah SWT berfirman :

وما ابرئ نفسي ان النفس لأمارة بالسوء الا ما رحم ربي ان ربي غفور رحيم

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang di beri rahmat oleh Tuhanku, sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Yusuf : 53)

Sayyidina 'Ali r.a berkata :

اخوف ما اخاف عليكم اتباع الهوى وطول الأمل

Sesuatu yang paling aku takuti  atas kalian yaitu mengikuti hawa nafsu dan panjang angan-angan. Dan ini di jelaskan pula di dalam hadi Nabi SAW tentang enam perkara yang bisa menghapus pahala amal.

Dalam salah satu kitab di jelaskan bahwa nafsu itu ada 7, sebagian mendorong kebaikan dan sebagian mendorong kepada kejahatan, Insaya Allah akan saya jelaskan tentang nafsu ini pada artikel yang lain.

KETIGA : 'UJUB

'Ujub atau membanggakan diri, merasa diri lebih dari yang lain, juga masih banyak sifat-sifat lain yang bisa merusak termasuk hasud, riya dsb.

No comments:

Post a Comment